Berita Peningkatan Kepedulian Sosial Melalui Idul Adha



Posted on: 11 Aug 2019 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Seruan takbir menggema semenjak Sabtu (10/8/2019) seusai salat Magrib sebagai tanda datangnya Hari Raya Idul Adha 1440H. Lantunan takbir yang digelar hingga pagi hari yang dilanjutkan dengan salat Idul Adha. Agenda Salat Ied Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali dipusatkan di Masjid Ageng Komplek Perkantoran Terpadu Pemkab Boyolali yang diikuti umat muslim tersebut pada Minggu(11/8/2019). Bertindak sebagai imami Daroji dari takmir Masjid setempat, sementara khatib oleh Asikin.

Wakil Bupati Boyolali, M. Said Hidayat yang hadir menyampaikan makna agar hari raya yang juga disebut Hari Raya Haji ini untuk membangun kehidupan sosial bermasyarakat.

“Dan tentunya Hari Raya Idul Adha ini semua mengandung makna ajaran kita semua bagaimana membangun semangat kesadaran, mempererat tali silaturahmi, juga bagaimana tentang kesadaran bersosial kita hidup bermasyarakat,” terang Said.

Sehingga melalui agenda keagamanan rutin tahunan ini yang dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban pihaknya mengajak semau pihak dalam menjaga kerukunan.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Boyolali kami mengajak untuk terus menjaga kerukunan di antara kita semua. Dalam semangat kerukunan menjalankan roda pembangunan ini dengan sebaik-baiknya,” tandasnya.

Sementara dalam khutbahnya, khotib Asikin menyampaikan agar kegiatan kurban dalam Idul Adha sebagai tanda sebagai hamba yang mampu menjalankan perintah. Umat Islam harus menjalankan kewajiab dan perintah sesuai syariat sehingga kurban dalam setahun sekali pada hari Raya Idul Adha ini mempunyai dan memiliki makna yang mulia. Jadi umat Islam diminta mampu menjalankan kewajiban yang sudah diperintahkan apapun bentuk kewajiabn dan bagaimanapun caranya.

“Bilamana makna esensial berkurban mampu kita tangkap dengan baik, jadi berkurban bukan sekedar ritual tanpa makna, atau tradisi tanpa arti. Berkurban mampu dilandasi dengan benar karena semua datang dari Allah dan pasti akan kembali kepada Allah. Untuk itu apapun modelnya perintah Allah harus dilaksanakan sebaik-baiknya tanpa melihat untung rugi, enak dan tidak enak, mudah atau sulit maupun berat dan ringan,” tegas Asikin.

Usia pelaksanaan Salat Ied, dua ekor sapi disembelih di lingkungan masjid Ageng Boyolali. Daging tersebut akan diberikan kepada masyarakat sekitar yang akan diberikan kepada warga masyarakat di Kelurahan Kemiri dan Mojosongo; Kecamatan Mojosongo dan Kelurahan Siswodipuran; Kecamatan Boyolali. Sementara di tempat terpisah yakni Masjid Agung Boyolali juga diserahkan satu ekor sapi dari Pemkab Boyolali.. (mjk/hri)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız en iyi leke kremi markası chat odaları