Berita Beras Tanuraga Tlawong Mulai Dilirik Pasar



Posted on: 11 Mar 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI- Meskipun baru diluncurkan sekitar satu bulan, namun Beras Tanuraga produksi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Tlawong mulai dilirik pasar. Sementara ini, Beras Tanuraga baru diproduksi dengan kemasan lima kilograman. 

Direktur BUMDES Tlawong, Wasono Joko Raharjo menuturkan, Desa Tlawong bertekad untuk menjadi salah satu desa mandiri pangan. Dengan diproduksinya Beras Tanuraga tersebut, BUMDES mengawali langkah untuk mewujudkan tujuan tersebut.

"Kami bertekad agar Desa Tlawong menjadi desa yang mandiri di bidang pangan. Selain itu, kondisi di masyarakat yang mayoritas petani dan banyaknya hasil panen petani yang dihargai murah menjadi latar belakang lainnya," tuturnya, Sabtu (10/03/2018).

Diakui Joko, mayoritas warga di Desa Tlawong berprofesi sebagai petani. Namun kenyataannya di lapangan, masih banyak warga yang justru membeli beras termasuk di luar wilayah. 

"Apalagi di desa ada tiga rice mill arau selepan padi, sebenarnya itu termasuk potensi. Maka kami di Bumdes berusaha menghubungkan potensi-potensi yang ada tersebut. Meski saat ini beras Tanuraga masih kami produksi dengan membeli beras langsung dari petani, dikemas dan dipasarkan. Kami juga mengambil dari ricemil beras jenis C4 ini. Tanuraga sendiri merupakan nama yang diambil dari pepunden Desa Tlawong," imbuhnya.

Ke depan, lanjut Joko, pihaknya berencana untuk memperluas jangkauan produksi beras tanuraga dengan mengelola sendiri tanah kas desa sebagai bahan baku berasnya.

"Selain juga tetap menampung beras dari petani desa. Sudah banyak yang mengambil, sebelumnya dari kantor-kantor kepemerintahan Boyolali, termasuk dipasarkan di wilayah Kartasura juga. Harga jual beras Tanuraga Rp 58 ribu per lima kilogramnya," tukas Joko.

Kepala Desa Tlawong, Joko Tri Wijiyanto mengakui, mayoritas warga Desa Tlawong yang memiliki profesi sebagai petani merupakan potensi tersendiri bagi pemerintah desa.

"Ini bisa dimaksimalkan sembari memberdayakan masyarakat dan meningkatkan ekonomi warga," tukasnya. (awa) 

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız en iyi leke kremi markası chat odaları