Berita Panwas Boyolali Siapkan Langkah Pencegahan Terhadap Potensi Pelanggaran



Posted on: 18 Apr 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Boyolali menyiapkan langka-langkah pencegahan terhadap adanya potensi pelanggaran yang dapat terjadi selama proses Pemilu berlangsung. Langkah-langkah pencegahan itu disesuaikan dengan potensi pelanggaran yang mungkin terjadi di lapangan.

Ketua Panwaslu Kabupaten Boyolali, Taryono mengungkapkan, tindak pengawasan terus dilakukam terhadap seluruh proses pemilihan umum khususnya Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2018 yang digelar 27 Juni mendatang. Diakuinya, potensi-potensi pelanggaran tetap ada di lapangan meski pengawasan intens dilakukan.

"Langkah pencegahan yang diambil bekerjasama dengan stake holder atau pihak terkait. Mislnya adanya potensi pelanggaran terhadap data Sipol partai yang diduga fiktif, maka kami akan bekerjasama dengan Komisi Pemiliham Umum (KPU). Kami mengirimkan saran dalam bentuk Verfak partai tersebut untuk lebih diteliti," ujarnya, Selasa (17/4).

Selain itu, lanjut Taryono, potensi pelanggaran bisa juga terjadi pada mulai maraknya pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) liar pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur. Terkait hal itu, Panwaslu Kabupaten Boyolali melakukan langkah pencegahan dengan mengirimkan surat rekomendasi kepada tim pemenangan kedua paslon Gubernur dan Wakil Gubernur untuk menurunkan APK sendiri.

"Kemudian untuk menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), kami mengirimkan surat himbauan kepada Bupati untuk menginstruksikan kepada jajarannya supaya netral dan tidak terlibat kampanye. Termasuk menjaga netralitas perangkat desa dan kepala desa, kamu juga mengirimkan surat himbauan kepada mereka untuk tetap netral," imbuhnya.

Sementara untuk potensi pelanggaran adanya baliho paslon pada baliho iklan berbayar, Panwas merekomendasikan kepada Badan Keuangan Daerah untuk selalu berkoordinasi dengan Satpol PP untuk menurunkan baliho paslon tersebut.

"Karena eksekusi penertiban kami bekerjasama dengan Satpol PP Boyolali. Lalu untuk pemilih bermasalah, kami merekomendasikan ke KPU dengan pengiriman data pemilih bermasalah tersebut," tukasnya. (awa)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız en iyi leke kremi markası chat odaları