Berita Perakitan Kereta Api Untuk Kereta Bandara Dipastikan Selesai April Ini



Posted on: 18 Apr 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI- PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan proses perakitan kereta api (KA) untuk kereta Bandara yang terletak di kawasan Boyolali tersebut selesai Bulan April ini. Segera setelah selesai perakitan, KA akan difungsikan sementara untuk jalur pertama Solo-Kutoarjo.

Menurut Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, KA sementara akan difungsikan sebagai armada di jalur Solo-Yogyakarta-Kutoarjo sembari menunggu keseluruhan jalur kereta Bandara selesai dibangun.

"Untuk sementara difungsikan seperti itu dulu kalau nanti sudah selesai. Karena jalur KA penghubung Bandara Adi Soemarmo, Boyolali dengan Stasiun Balapan, Solo belum selesai dibangun," paparnya saat melakukan kunjungan ke Bandara Adi Soemarmo, 11 April lalu.

Edi menambahkan, pihaknya telah menyiapkan dua trainset dengan jenis Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) untuk operasional kereta Bandara. Masing-masing satu trainset terdiri dari empat gerbong berjenis kabin.

"Awalnya set KA ini memang disiapkan untuk kereta Bandara Adi Soemarmo. Sambil menunggu pembangunan jalur seluruhnya selesai, ya dioperasikan dulu untuk jalur Solo-Yogyakarta-Kutoarjo," imbuhnya.

Dikatakan Edi, masing-masing kereta bandara memiliki kapasitas untuk sekitar 200 orang.

"Kalau dimaksimalkan penumpang berdiri bisa mencapai 500 orang. Tapi dilihat dulu, diuji coba mana yang nyaman untuk masyarakat. Terkait operasionalnya nanti masih dibahas," tukasnya.

Sebelumnya, kereta bandara yang menghubungkan Bandara Adi Soemarmo- Bandara Adi Sucipto ditargetkan mulai beroperasi Bulan Desember 2018. Saat ini, pembangunam fasilitas stasiun terkait di Bandara Adi Soemarmo telah selesai 46 persen.

General Manager Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, pembangunan jalur kereta bandara di lapangan udara yang terletak di wilayah Kabupaten Boyolali tersebut diperkirakan rampung Bulan September 2018. Kemudian hingga Bulan Desember 2018 dipergunakan untuk persiapan operasional layanan keteta Bandara.

"Rencananya nanti stasiun yang ada di Bandara Adi Soemarmo akan dibangun dua lantai. Lantai pertama digunakan untuk jalur kereta api. Sedangkan lantai dua akan terkoneksi dengan terminal baru Bandara Adi Soemarmo, jadi nantinya untuk koneksi ini akan semakin memudahkan penumpang yang dari Yogyakarta bisa langsung masuk Bandara," pungkasnya. (awa)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız en iyi leke kremi markası chat odaları