Berita Antisipasi Kekeringan, Warga Kemusu Mulai Hemat Air Bersih



Posted on: 11 Jul 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI- Warga Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali mulai melakukan penghematan air bersih demi persiapan menghadapi musim kemarau panjang. Pasalnya, kemarau panjang mampu.menyebabkan kekeringan di daerah tersebut yang notabene masuk dalam kategori daerah rawan kekeringan.

Menurut Camat Kemusu, Supana sebagian wilayah di Kecamatan Kemusu memang rawan air bersih setiap puncak kemarau. Kendati demikian, dirinya menegaskan bahwa sampai saat ini kemarau belum berdampak parah.

"Biasanya kondisi ini mulai terjadi pada Agustus mendatang, di mana mata air dan sumur milik warga sudah kering. Warga mengandalkan bantuan air baik dari Pemkab Boyolali maupun bantuan swasta. Bagi yang mampu, bisa membeli air bersih sendiri,” paparnya, Selasa (10/7).

Ditambahkan Supana, beberapa desa yang rawan kekeringan antara lain, Desa Kedungrejo. Di desa tersebut, belum ada mata air yang bisa mencukupi kebutuhan warga.

"Sudah pernah diusulkan pembuatan embung, namun terkendala penyediaan lahan. Kawasan desa relokasi kawasan genangan Waduk Kedungombo ini tidak memiliki tanah kas yang memadai,” tambahnya.

Di sisi lain, beberapa dawrah lain di wilayahnya yang rawan kekeringan yaitu di Desa Kendel dan Kedungmulyo. Di kawasan tersebut, jaringan air bersih Pamsimas masih terbatas dan belum bisa menjangkau semua warga.

"Persoalan utama yang menyulitkan warga adalah minimnya sumber air. Sehingga warga juga sulit untuk membuat sumur. Seringkali meski sudah menggali sumur sangat dalam, tetap tidak keluar airnya. Padahal, wilayah Kecamatan Kemusu dikelilingi Waduk Kedungombo yang airnya melimpah. Namun, faktanya, warga senantiasa kekurangan air bersih saat puncak musim kemarau. Warga tak bisa memanfaatkan air waduk karena kotor dan tak memenuhi syarat kesehatan. Selama ini, warga memanfaatkan air hujan atau mengambil air dari mata air yang debitnya sangat kecil," tukasnya. (awa)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız en iyi leke kremi markası chat odaları