Berita Jalan Tol Solo-Ngawi Segmen Kartasura- Sragen Mulai Beroperasi



Posted on: 15 Jul 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI - Setelah pengerjaan yang memakan beberapa tahap, jalan Tol Solo Ngawi Segmen Kartasura-Sragen diresmikan secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Jalan tol yang menjadi bagian dari jalan tol TransJawa ini menjadi salah satu upaya pemerintah dalam memecah permasalahan transportasi darat. Selain itu juga sebagai konektivitas baru yang dapat berdampak positif bagi masyarakat.

Didamping oleh beberapa menteri, antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Presiden Jokowi melakukan peresmian di gerbang tol (GT) Ngemplak; Kabupaten Boyolali, pada Minggu (15/7). Turut pula mendampingi dalam peresmian yakni Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Wakil Bupati Boyolali, M. Said Hidayat.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa Jalan Tol Solo Ngawi yang dibangun dengan nilai invetasi Rp 13,4 triliyun memiliki keunikan karena bersinergi dengan moda transportasi kereta bandara.

"Di belakang (ROW dari Kadipiro-Purwodadi hingga Bandara Adi Soemarmo) yang ada crane merupakan jalur kereta api ke bandara yg sudah mulai dikerjakan," jelasnya.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyatakan bahwa jalan tol Trans Jawa secara bertahap akan tersambung dari Merak hingga Banyuwangi.

"Saya gembira karena Jalan Tol Ruas Kartasura-Sragen selesai dan secara bertahap ruas tol Trans Jawa tersambung dari Merak hingga Banyuwangi," ungkapnya.

Melalui Surat Keputusan Menteri No 388/KPTS/M/2018 tanggal 8 Juni 2018, maka penetapan golongan kendaraan bermotor dan besaran tarif tol yang akan berlaku mulai tanggal 17 Juli 2018 mulai pukul 00.00 WIB bagi kendaraan golongan I dari Kartasura menuju Sragen adalah Rp 35.000. Rincian tarif tol bagi golongan kendaraan dan penetapan tarif lebih jelas bisa dilihat pada infografis terlampir.

Sementara Direktur Utama PT JSN, David Wijayatno menjelaskan bahwa jalan tol Solo-Ngawi segmen Kartasura-Sragen bisa langsung dilewati oleh pengguna jalan tol sesaat setelah peresmian dengan melakukan transaksi tol, dimana pengguna harus mempersiapkan uang elektronik dengan kecukupan saldo.

"Mulai sore ini (Minggu), masyarakat bisa menikmati kembali Jalan Tol Solo-Ngawi. Namun mulai Selasa, 17 Juli 2018 pukul 00.00 WIB sudah diberlakukan tarif," jelas David.

Jalan tol sepanjang 90,43 kilometer tersebut dilengkapi dengan delapan GT, yakni GT Colomadu, GT Bandara, GT Ngemplak, GT Purwodadi, GT Karanganyar, GT Sragen, GT Sragen Timur, dan GT Ngawi (Kota Ngawi). Selain itu, untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses jalan tol, PT JSN juga mempersiapkan 8 simpang susun (SS) di SS Colomadu, Bandara, Ngemplak, Purwodadi, Karanganyar, Sragen, Sragen Timur dan Ngawi.

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız en iyi leke kremi markası chat odaları