Berita KPU BoyolaliTetapkan 784.077 DPT Hasil Perbaikan Untuk Pemilu 2019



Posted on: 13 Sep 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boyolali selesai melakukan penghitungan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019. Berdasarkan penetapan KPU, Kabupaten Boyolali memiliki DPTHP sebanyak 784.077 jiwa. Jumlah tersebut dapat menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019 mendatang. Penetapan tersebut sesuai dengan hasil rapat pleno terbuka penetapan DPTHP Pemilu Tahun 2019 di ruang pertemuan Pondok Indah Hotel; Boyolali, pada Kamis (13/9).

Anggota Komisioner KPU Kabupaten Boyolali, Wahyu Prihatmoko menjelaskan bahwa bila dibandingkan dengan daftar pemilih sementara (DPS) kemarin sebanyak 784.860 jiwa, terdapat pengurangan sejumlah 783 orang.

“Sehingga Kabupaten Boyolali dari 19 kecamatan yang terdiri 267 desa dengan TPS (Tempat Pemungutan Suara) sebanyak 3.189 memiliki jumlah pemilih laki laki 389.761 jiwa dan pemilih perempuan ada 394.316 jiwa. Sehingga jumlah DPTHP Kabupaten Boyolali sebanyak 784.077 jiwa,” terangnya.

Disinggung mengenai jumlah DPTHP yang berkurang pada Pemilu 2019, Ketua KPU Kabupaten Boyolali, Siswadi Sapto Harjono menjelaskan bahwa pengurangan tersebut merupakan hasil pencermatan dan masukan yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Boyolali dan partai politik peserta Pemilu 2019.

“DPTHP ini ada pencoretan karena ternyata ada NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang sama tetapi orangnya satu. Ternyata penduduk tersebut saat mendaftarkan NIK, dia tidak disandingkan dengan Kartu Keluarga, sehingga muncul NIK ganda,” jelas Siswadi.

Ditambahkan pula olehnya, penetapan DPTHP tersebut bersifat dinamis karena mengacu pada kondisi masyarakat, seperti meninggal dunia, pindah domisili dan sebagainya.

“Diharapkan nanti DPT untuk Pemilu 2019 merupakan DPT akurat yang akurasinya bisa dipertanggung jawabkan,” pungkasnya. (dst/bet)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız en iyi leke kremi markası chat odaları