Berita Warga Tidak Sabar Nantikan Replika Keajaiban Dunia, Ikon Baru Boyolali



Posted on: 02 Oct 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali terus mempercantik penampilan Kota Susu dengan ikon-ikon eyecatching yang kekinian. Ikon-ikon tersebut dipastikan instagramable karena pas untuk menjadi obyek foto.

Salah satunya yaitu replika keajabian dunia yang rencananya akan dibuat Pemkab sejumlah titik di wilayah Boyolali Kota. Belum juga jadi, warga sudah tidak sabar menantikan bentuk-bentuk bakal ikon tersebut selesai dibuat. Seperti dirasakan salah satu warga Penggung, Boyolali, Atik Haryanti yang tidak sabar menyaksikan salah satu replika keajaiban dunia, Candi Borobudur selesai dibuat di Kragilan, Kecamatan Mojosongo.

"Akan banyak ikon-ikon baru di Boyolali, jadi tidak sabar. Salah satunya Candi Borobudur. Kabarnya nanti akan dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Pasti nanti cocok buat foto selfi atau wefi," ujarnya, Selasa (2/10/2018).

Seperti diketahui, Pemkab Boyolali gencar mempercantik wilayahnya dengan membangun replika keajabian dunia. Diantaranya replika Menara Pisa, Menara Eiffel, dan Patung Liberty yang akan dipasang di simpang Asrikanto, Kecamatan Boyolali Kota. Serta replika Candi Borobudur, Taj Mahal, Spinx, dan Piramida menghiasi simpang Kragilan, Kecamatan Mojosongo.

Replika tersebut semuanya dikerjakan oleh PT Nuanza Porcelain di Ngadirojo, Kecamatan Ampel, Boyolali. Pembuat replika, Anda Suhanda, mengatakan tanah liat yang dipakai sebagai bahan dasar replika didatangkan dari Sukabumi, Jawa Barat.

"Tanah Sukabumi termasuk tanah yang paling kuat menahan panas dalam proses pembakaran. Keramik ini dibakar dengan suhu 1.240 derajat Celcius dan sejauh ini tanah Sukabumi yang tahan. Sedangkan tanah liat di daerah lain di Jawa Tengah tak kuat menahan panas,” paparnya.

Dan untuk membuat replika bangunan-bangunan tersebut dibutuhkan waktu yang tidak singkat, dimulai dari pembuatan master untuk cetakan, dilanjutkan dengan pembakaran, dan seterusnya. Untuk membuat master, dibutuhkan ketelitian, khususnya mengenai bentuk dan ukuran yang harus mirip dan sesuai dengan perbandingan aslinya. Salah ukuran sedikit saja akan membuat replika ini tidak bagus. Pembuatan  replika candi setinggi 2,5 meter dan lebar bawah 6,5 meter x 6,5 meter dibutuhkan waktu sekitar tiga bulan dan dikerjakan 20 orang. Pada replika candi ini terdapat 476 master cetakan untuk berbagai bagian. (awa)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız en iyi leke kremi markası chat odaları