Berita Geliat Ekonomi Warga, Gelar Kenduri Palawija



Posted on: 10 Oct 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI- Gelaran tradisi tak hanya untuk melestarikan budaya saja. Apa yang bakal digelar oleh warga Dukuh Dangean, Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo ini patut ditiru.

Sebab, tradisi yang akan digelar Sabtu-Minggu (13-14/10) selain sebagai wujud syukur juga untuk menggeliatkan perekonomian melalui sektor pariwisata. Yaitu dengan cara mengangkat Palawija yang selama ini banyak dihasilkan oleh masyarakat setempat di eksplorasi.

Teguh, salah satu panitia mengatakan setiap akhir bulan Suro (penanggalan jawa) masyarakat disekitar Pasanggrahan Pracimoharjo, Cepogo selalu menggelar tradisi budaya. Dalam tradisi tutup suran ini, pentas wayang kulit dan jamasan pusaka yang dilakukan abdi dalem Keraton Kasunanan Solo.

“ Dalam tradisi ini, kami ingin mengangkat palawija,” ujarnya. Makanya saat tradisi itu digelar, pihaknya juga bakal menggelar Kenduri Palawija. Hal itu juga untuk menyambut hari ketahanan pangan dunia.

Menurut, Masruri panitia lain, palawija menjadi sumber pangan bagi masyarakat lereng Merapi, terutama di masa paceklik. “Hasil palawija seperti jagung dan jenis umbi seperti talas,  enthik, ganyong bisa disimpan lama sebagai persediaan pangan masyarakat,” katanya.

Nantinya, dalam Kenduri Palawija, aneka jenis palawija dikirab bersama oleh masyarakat. Kemudian digelar doa dan makanan tersebut dimakan bersama seluruh warga dan pengunjung. Pengunjung juga bisa membawa pulang makanan yang disediakan.

Palawija, lanjut dia, memberi nilai yang luar biasa bagi kelangsungan hidup  warga. Palawija juga merupakan diversifikasi makanan pokok selain nasi. Sehingga bisa memperkuat ketahanan masyarakat.

“Sehingga  sebagai ucapan syukur,  dilaksanakan Kenduri Palawija. Juga harapan tercukupinya bahan pangan hingga masa tanam yang akan datang,” ujarnya.

Ditambahkan, pihaknya juga bakal menggelar acara pelengkap   pengenalan bahan makanan lain selain nasi melalui seminar ketahanan pangan. “Kegiatan dimeriahkan dengan berbagai  acara seperti saba desa, pasar ngatpaingan, srawung candi lawang dan   dolan anak tradisional,” imbuhnya.

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız en iyi leke kremi markası chat odaları