Berita Sempat Diundur, Pilkades Kuwiran Digelar Agustus



Posted on: 18 Jul 2019 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahap III tahun 2019 di Kabupaten Boyolali sudah terlaksana pada Sabtu (29/6/2019) lalu. Terdapat 229 desa yang mengikuti pesta demokrasi tingkat desa di Kota Susu tersebut. Dari jumlah tersebut, terdapat satu desa yang tertunda yakni Desa Kuwiran; Kecamatan Banyudono karena hanya terdapat calon tunggal.

Kepala Bidang Bina Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Boyolali, Candra Irawan mengatakan Pilkades Kuwiran yang sempat diundur ini akan segera digelar pada 8 Agustus mendatang. Hingga saat ini tahapan Pilkades masih dalam tahap pendaftaran bakal calon.

“Proses berjalan, mudah-mudahan semua tahapan berjalan lancar,” ungkap Candra saat ditemui di kantornya, pada Kamis (18/7/2019).

 

Dijelaskan lebih lanjut, ketentuan pencalonan hingga pelaksanaannya masih sama dengan tahapan sebelumnya. Di mana jika calon lebih dari lima orang, akan dilakukan tes tertulis guna menentukan peringkat.

“Hanya lima calon dengan peringkat tertinggi yang bisa maju dalam prosesi coblosan nantinya,” ujar Candra.

Pilkades Kuwiran sempat tertunda karena jumlah calon tidak memenuhi jumlah minimal. Dari semula tiga calon, kemudian dua diantaranya mengundurkan diri sehingga menyisakan satu calon saja. Calon yang memenuhi persyaratan tersebut merupakan petahana yakni Heri Sarwo Edhi.

Oleh karena itu, pendaftaran Pilkades dibuka kembali selama 20 hari untuk mendapatkan calon kades dengan jumlah minimal. Namun, apabila tetap tidak ada pendaftar, maka Pilkades diundur pada periode berikutnya.

Sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Boyolali Nomor 9 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pemilihan Kepala Desa, yang menyebutkan jumlah calon kades minimal dua orang dan maksimal lima orang.

“Dari hasil seleksi tersebut, kemudian diambil lima bakal calon sesuai peringkat rangking 1 hingga 5 untuk selanjutnya ditetapkan sebagai calon,” tandas Candra. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız en iyi leke kremi markası chat odaları